[review] always (a.k.a only you)

always

film korea ini dibintangi oleh so ji sub. bukan, ini bukan drama seri, ini film. mengingat aku suka banget sama karya seni korea selatan, aku juga termasuk pengamat film korea. sebenernya sih, film korea ada dalam lima hal teratas yang aku suka tentang korea. alasan terbesarnya adalah karena aku takjub melihat talenta para aktor korea.

so ji sub sendiri adalah satu aktor yang kalau aku denger dia main film, aku akan tunggu sampai kapanpun untuk bisa (akhirnya) ngeliat film dia. nggak hanya film, dramanya pun aku tunggu-tunggu. bahkan saking sukanya sama nih aktor satu, aku juga ngoleksi single-single dia, walaupun rap bukan jenis lagu yang paling aku sukai.

beralih ke filmya.

always a.k.a only you ini udah aku denger infonya sejak dua tahun lalu. film yang release tahun 2011 ini muncul di liputan showbiz di salah satu saluran televisi kabel korea dan sejak itu aku terus nungguin kesempatan aku bisa dapetin copy-nya. meski memalukan, tapi aku nggak malu ngakuin hal ini (yes, i’m se-nggak-tau-malu itu), yaitu bahwa aku ngedapetin copy film ini tidak secara legal. tapi usaha dan pengorbananku lumayan keras dan banyak kok, hampir sama lah kalo dibandingkan dengan beli copy aslinya. tentu aja alasan utamanya adalah karena sulitnya mengakses film korea di indonesia. hollywood masih jadi kiblat film indonesia (di bagian dunia mana saja sih, sebenernya, nggak cuman indonesia. tapi tetep aja…) makanya susah banget nonton film korea di sini kecuali versi bajakan.

harap catat sekali lagi, ini aku ngomongin f-i-l-m bukan d-r-a-m-a. di tengah-tengah perlombaan televisi indonesia menayangkan drama-drama korea, film korea yang terkenal di indonesia cuman seputaran my boss my hero doang.

etunggu, kita kan mau ngebahas film-nya so ji sub yang judulnya always ya, kenapa jadi malah curhat tentang peredaran film korea di indonesia?

okelah, balik ke topik. jadi, intinya sebenernya aku mau ngomong bahwa film-film yang dibintangi so ji sub menurutku bagus semua. dramanya juga. so ji sub termasuk selektif dalam memilih film/drama yang hendak diperaninya, makanya aku yakin film-film nih bujangan satu ini pasti bagus.

sayangnya, untuk yang satu ini, aku terpaksa angkat tangan mengakui bahwa aku salah.

film always ini menurutku jauh banget kualitasnya (lebih tidak memenuhi standar) dibandingkan film-film ji sub yang lain. sungguh. film ini tidak menyajikan twist yang oke, terus jalan ceritanya datar, terlalu mudah ditebak, selain pengambilan scene-nya juga termasuk terlalu kasar, tidak smooth. dan satu hal yang bikin aku sangat kecewa saat menonton ini adalah bahwa film ini mengambil tema mainstream-nya sinema korea: cinta-pengorbanan-perpisahan.

akhirnya sih happy ending, tapi itu justru nambah-nambahin hambarnya rasa film ini. nggak ada gregetnya sama sekali deh. adegan-adegan klise bertebaran di sini. dari adegan gendong punggung, adegan merawat tanaman, sampai pola menghilang (salah satu tokohnya) tanpa kabar berita. tokoh utamanya diceritakan buta dan aku bersyukur banget sampe nyiumin bantal bahwa tokoh ji sub tidak kemudian menyumbangkan matanya untuk si wanita. kalau tidak, aku pasti udah delete file-nya dari komputerku.

rasanya semua penantianku selama dua tahun (ini film tahun 2011 loh…) dan semua data paket yang kupake untuk donlod terbuang sia-sia. sungguh, mengecewakan.

tapi tentunya nggak semua hal di cerita ini buruk. secara teknis mungkin ini film yang lumayan, tapi aku nggak akan bicara banyak tentang itu karena aku nggak ngerti sama sekali. aku hanya ngerti bahwa para pemeran di sini bermain dengan baik. seperti yang sudah diharapkan, so ji sub bermain total. talentanya tidak kemana-mana. kalau ada yang bikin aku betah nonton film ini sampai akhir, itu adalah kemampuan akting so ji sub. aktor lainnya juga main bagus, dan aku seneng sama tokoh utama wanita yang tegar. tokoh wanita ini orang yang menebarkan aura positif, tapi bukan naif.

aku kurang suka olahraga tinju, sehingga tema petinju yang ditampilkan di sini kurang membuatku nyaman. aku sempat melompati beberapa adegan bertarung. baik itu pertarungan yang abal-abal dimana ji sub digambarkan menang mudah, hingga pertarungan luar biasa yang menyebabkan ji sub berdarah darah. bukannya aku nggak suka film laga, tapi kurasa di cerita ini, hal itu kurang relevan.

akhirnya, aku agak menyesal membuang-buang sumber daya untuk film ini, tapi yasudlahya… namanya juga udah lewat. palingan aku bakal rekomendasiin beberapa judul film yang layak banget ditonton (plus dipuji) yang dibintangi cowok seksi ini:

  • rough cut (film)

Rough_Cut

 

 

  • can’t live without robbery (film)

 

  • a company man (film)

php_imageResizeWarnerB

 

  • i’m sorry i love you (drama)

i-am-sorry-i-love-you

 

  • master’s sun

master's sun.jpg

 

dan terakhir, ini bonus beberapa foto so ji sub hyung:

sjs18 sjs19 sjs21

.

yep

Advertisements

2 thoughts on “[review] always (a.k.a only you)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s