kepada yang terhormat

kepada yang terhormat bapak bos.

pak, bapak bisa jadi bos resepnya apa sih? kok bapak hebat banget bisa punya jaringan bisnis yang luar biasa dimana-mana. memang sih, kalau aku lagi nemenin bapak makan siang sama klien, aku pasti dibuat kagum sama cara bapak berkomunikasi dengan orang lain. luar biasa. bapak tuh bisaaaa aja nemuin hal buat dibicarakan. sungguh salut banget aku sama bapak. selain itu, bapak juga selalu mengingat orang lain. di tengah-tengah kesibukan bapak mengejar target, meladeni klien, bapak masih peduli ngasih ke orang lain juga yang membutuhkan. rahasianya apa sih pak, biar otaknya nggak bundet kebanyakan hal yang dipikirkan? senyum bapak senantiasa mengembang dan tadi, saat aku ngobrol sama bapak di telepon, bapak bilang, “emang pernah saya libur?”. aku syok deh pak. menyadari bahwa… uwauw, betul, aku emang nggak pernah denger bapak nggak masuk karena alasan yang bukan pekerjaan. kalau bapak nggak ngantor, pastilah alasannya nemuin klien. semangat bapak itu kalo anak sekarang bilang: amrazing.

dan aku mau nanya, pikiran bos bapak dulu waktu ngangkat bapak jadi bos, apa ya? aku curiga dia mungkin lagi dalam pengaruh obat kuat kali ya… kok bisa-bisanya ngejadiin orang kayak bapak, bos bagi semua orang. grasa-grusu nggak teliti gitu.

tapi tenang, pak. walaupun bapak grusa-grusu dan nggak teliti, bapak tetep ngeselin kok. emang sih, jaringan bapak luas, tapi boleh nanya nggak pak, kenapa klien bapak rese semua orangnya? kalau ngeliat hukum alam sih, orang-orang yang mirip itu biasanya berkumpul. apa karena bapak rese banget makanya klien bapak rese semua ya? bawel, banyak minta, kadang malah ada yang seenaknya banget, nggak bisa dikasih tau.

hmm, mungkin kemampuan bapak berkomunikasi adalah kuncinya ya. untuk jaringan luar biasa yang ada sekarang, bapak sangat lihai mengomunikasikan semua kebutuhan ‘kita’ pada mereka. meski yah.. kadang-kadang (dibacanya ‘sering-sering’ ya, pak) agak memalukan karena bapak keseringan ngomong sendiri, memutuskan sendiri dan nggak peduli orang lain mau ngomong apa. ih bapak bisaaaa aja deh penuh semangat gitu kalo udah ngobrol. boleh dong pak, tanya dua hal: 1. ‘kita’ itu penting nggak sih buat bapak? kayaknya saking asyik ngelus-elus klien, bapak sampe lupa ‘kita’ yang di belakang ini juga punya perasaan. 2. kenapa kalo pas sama kita-kita, bapak kayaknya susah banget nemuin obrolan yang enak, pak? ngebetein banget ya, muka kita? trus kenapa bapak hire kita?

tapi aku sih tetep salut sama bapak. murah hati banget. seneng banget ngasih orang. pertanyaannya, kenapa nggak pernah nanya orang yang dikasih sebenernya butuh apa, pak? oh iya, lupa. kadang bapak pikirannya pendek banget sih ya, jadi nggak ngeh kalau orang yang diberi sebenernya juga punya kebutuhan yang lebih mendesak. eh, itu pikiran pendek atau… self-centered ya namanya, pak?

jikalau ada kesalahan, aku sih maklum-maklum aja. bapak juga kan manusia biasa. bapak juga pasti punya permasalahan pribadi. urusan kantor udah ribet, ditambah urusan pribadi, pasti tambah ruwet. aku mikirin bapak banget deh, aku khawatir bapak kena tekanan darah tinggi kalo marah-marah terus, makanya aku punya ide nih supaya bapak nggak pusing-pusing banget. 1. gimana kalo urusan rumahnya ditinggal aja kalo bapak pergi ke kantor? jadi lebih ringan, nggak usah bawa-bawa marah ke kita. 2. gimana juga kalo bapak rajin latihan bernapas oksigen? bapak kebanyakan napas api sih, makanya bawaannya panas melulu. 3. gimana (yang terakhir kok ini pak, jangan khawatir) kalo bapak nggak usah kepo ngurusin status orang, biar urusan kita, kita aja yang mikirin; kita kan nggak pengin bapak kena struk.

nah, yang terakhir ini sih pesan sayang dari kita-kita nih, pak bos.. sekali-sekali nggak kerja juga nggak papa kok. kami khawatir nanti kalo kebanyakan kerja jadi cepet tua. maksudnya kami yang cepet tua, bukan bapak. bapak mah terserah deh.

demikian surat cinta kami persembahkan ke hadirat anda yang tersayang, semoga dijadikan perhatian dan kalo nggak ya nggak masalah sih #belibonekavoodoo.

.

gi.tu.ya.pak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s