shitty real life

so real life is pretty shitty. terlalu, terlalu banyak pekerjaan dan membuat aku kewalahan mencari waktu untuk sekedar diam tanpa memikirkan apa-apa. apa itu sebuah gejala berbahaya yang mengarah pada null-productivity? bisa jadi, bisa jadi. tapi tunggu dulu. kalau otakmu adalah komputer lalu dia diberi terlalu banyak perintah, apa yang terjadi?

benul! biasanya dia akan menjadi lemot, menjadi panas, dan nggak jarang: menjadi patung. alias nge-hang. ngegantungin kita yang emang notabene sudah terlalu bergantung padanya.

untuk kasus komputer ini, kita perlu sadar diri, perlu lebih bertoleransi pada mesin itu bahwa dia perlu waktu dan perlu ruang untuk melakukan semua yang kita inginkan. jadi, ya, kita perlu beri dia sebuah jeda untuk berproses.

lalu untuk kasus otak manusia?

pintar sekali. tentu saja jawabannya sama. komputer adalah ciptaan manusia, dia punya karakteristik mirip manusia. jadi, berkaca pada ciptaan spesies kita sendiri, otak dan emosi kita juga butuh waktu dan ruang untuk memproses semua masalah ataupun pengetahuan yang kita serap.

otak kita itu kemampuannya beratus-ratus kali lipat lebih hebat daripada komputer loh. jadi kita perlu menyadari bahwa bukan berlebihan kalau otak kita membutuhkan waktu dan memiliki hak untuk dibiarkan berpikir tenang, rutin, dan tidak terlalu dibebani. sebab dengan kemampuan yang sangat luar biasa, tentu daya tampungnya luar biasa juga. untuk menampung semua yang luar biasa itu, tentu dibutuhkan proses yang luar biasa pula.

kira-kira begitulah logikanya.

jadi, real life, no matter demanding-nya kamu, aku tetap akan berjalan sesuai kemampuanku sendiri. mungkin aku terlalu lambat saat ini, tapi tenang saja, di saat lain aku bisa berlari super cepat mengejar semua ketinggalan kok.

untuk otakku tersayang, bertahanlah di sana. untuk emosiku yang terhormat, mari berusaha lebih semangat lagi untuk ke depannya.

hwaiting!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s