mein speziell freund

apa yang terbersit dalam kepala kamu ketika kamu bilang sama temenmu: “eh tungguin bentar dong. tungguin ya?”

apa..kamu berpikir bahwa kamu sebentar lagi selesai maka it’s quite fair kalo kamu minta ditungguin, toh kalian berteman?

atau..kamu berpikir bahwa toh kamu juga mau menunggu kalau temanmulah yang ganti minta ditungguin?

atau..kamu berpikir waktu is sumber daya yang bisa diperbarui sehingga kalau waktu yang sekarang habis maka masih akan ada waktu-waktu berikutnya, atau dengan kata lain kamu berpikir waktu is not that important.

aku juga pengin tau apa yang kamu pikirkan saat kamu menyebutkan waktu untuk mendefinisikan ‘sebentar’. sebentarmu itu satuannya apa?
tarohlah ‘5 menit’. 5 menit dalam duniamu itu—okelah, dalam kepalamu—apakah 5 x 60 detik? atau ‘sampai-kalimat-yang-sedang-kubuat-ini-selesai’?

10 menit. apakah 2 x 5 menit? atau ‘sampai-klien-selesai-curhat-di-telepon’?

rasa penasaranku yang terakhir adalah, apa yang kamu pikirkan ketika melihat orang terburu-buru (karena nungguin kamu)? dan bagaimana pula cara sel-sel kelabu dalam kepalamu bekerja sebenarnya karena kok mulutmu behasil dikoordinasi untuk bilang: “jangan cepet-cepet dong jalannya, aku kan perempuan.. kamu nggak kasian sama aku?”

well, you know what? dalam kepalaku, menjadi perempuan tidak harus selalu ditoleransi for being late. menjadi perempuan bukan alasan yang pasti manjur untuk ‘ditungguin’. perempuan hebat itu perempuan yang bisa menghargai waktu orang lain, bukan perempuan (sok) lemah yang penginnya lolos begitu aja dari kekesalan karena sudah membuang-buang waktu (waktu orang lain, bukan waktumu sendiri).

tapi yah, aku nggak hidup dalam kepalamu dan bukan tubuhmu yang dikoordinasi oleh otakku, jadi, penghakiman bukan hakku atas tingkahmu.

.

Walaupun..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s