sesal

Diceritakan pada suatu masa. Seorang nabi menyuruh pengikutnya untuk memasuki sebuah gua dengan mata tertutup. Sebelum mereka memasuki gua, nabi berkata, “di dalam, ambillah apa yang mengenai kalian dengan jumlah sesuka kalian. Ini adalah sesuatu yang akan membuat kalian menyesal, jadi kalian boleh mengambilnya sebanyak kalian suka.”

Maka masuklah murid-murid beliau ke dalam gua. Sebagian dari mereka mengambil sedikit, sebagian dari mereka mengambil banyak. Setelahnya, mereka keluar dari gua sambil menggenggam apa yang mereka ambil.

Penutup mata mereka kemudian dibuka dan mereka mendapati bahwa apa yang mereka ambil ternyata adalah butiran emas.

Nabi kemudian menjelaskan. Sebagian dari mereka yang mengambil sedikit pastilah menyesal mengapa tidak mengambil banyak. Sebagian yang mengambil banyak pun pastilah juga menyesal sebab mereka merasa seharusnya mengambil lebih banyak lagi.

Itulah manusia, kata nabi. Mereka akan senantiasa memiliki penyesalan dalam hidup mereka. Entah itu karena terlalu sedikit melakukan sesuatu, atau karena sudah banyak melakukan sesuatu.

Pesan moral dari cerita ini adalah, ternyata kita perlu berbuat curang. Coba kalo curang, ngintip, pas ngambil pasti tau musti ngambil seberapa.

Ya nggak lah ya. Di situ saya hanya bercanda.

Intinya, kita manusia nggak akan pernah tahu apa yang kita hadapi. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah melakukan yang terbaik saat ini. Penyesalan pasti akan muncul di masa depan, tapi itu bukan hal baru. Yang paling penting adalah bagaimana kita menyikapi penyesalan itu, bukan mencari cara bagaimana menghindarinya.

Do your now’s best then best deal with it later.

.끝.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s