bunuh diri jadi pejuang, pengedar narkoba jadi beasiswa

seseorang bunuh diri di stadion gelora bung karno pada saat perayaan hari buruh. dia adalah bagian dari mereka yang mengaku ‘buruh’. lantas media sibuk meliput bahwa orang ini memperjuangkan hak buruh. mereka menyatakan bahwa perjuangan ‘orang ini’ akan diteruskan, tidak akan pupus dan mati di tengah jalan. peristiwa ini kedengaran seperti pengorbanan seorang pahlawan.

my question: bagian mana dari bunuh diri yang menunjukkan bahwa orang itu sedang berjuang? protes, tidak sama dengan berjuang. tapi bahkan kata protes pun bisa bermakna lebih baik tanpa akal yang pendek.

seorang aktivis ham terkenal menyebutkan di tayangan berita bahwa si ‘buruh diri’ ini tak akan dilupakan sebagai seseorang yang memperjuangkan haknya. secara tersirat, beliau menyatakan bahwa apa yang dilakukan si buruh diri memiliki makna yang heroik. lucunya, justru ucapannya berkesan bahwa tindakan bunuh diri karena protes akan hal yang tidak memuaskan adalah hal yang mulia dan akan diteruskan usahanya.

pertanyaannya: diteruskan dengan apa? another case of suicido?

fyi, bahkan bangsa jepang yang pernah menganggap harakiri sebagai tindakan mulia juga sudah mulai waras dengan cara pro-aktif memperingatkan warganya untuk bertahan hidup seberapapun kesulitan yang kita hadapi. kenapa di indonesia bunuh diri jadi hal yang oke untuk ‘diingat sebagai tindakan heroik’??

bukan tidak bersimpati pada keluarga yang ditinggalkan. aku hanya mengecam mereka yang berpikiran ini adalah tindakan yang patut dimuliakan. bersuara, bukan sama dengan mengorbankan diri. sebab suara yang dikeluarkan akan lenyap begitu raga terlepas. apa gunanya? bagaimana awareness bisa diteruskan kalau selesai ngomong langsung mati?

ikan trout mati setelah menyebarkan benih penerus spesiesnya. tapi bersuara membela hak kemanusiaan tidak sama dengan beranak pinak demi kelangsungan spesies, itu membutuhkan ‘ada’ untuk terus didengar.

nggak semua yang jadi korban itu pahlawan. plis deh mbak aktivis.

.

tersangka bali nine ditembak mati. orang-orang sibuk meributkan hak hidup manusia (lupa–atau nggak peduli–tentang hak manusia lain untuk hidup bersih dari jeratan narkoba). lalu mereka yang katanya peduli pada nyawa orang, menciptakan beasiswa atas nama kedua tersangka tersebut.

waktu mendengar judul beritanya (belum mendengar sebelum seluruh beritanya) saya langsung mendengus. beasiswa macam apa yang menggunakan nama bandar narkoba?

lalu berita tersebut menyatakan bahwa beasiswa tersebut adalah beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa asal indonesia yang berkuliah di australia yang menerbitkan tulisan ilmiah dengan tema: ‘kesucian hidup manusia’. my question: bagaimana dengan kesucian hidup para-tidak-tahu yang dicemari narkoba? berapa banyak orang mati akibat kelakuan penjual-penjual narkoba? di mana sucinya kalau untuk hidup seorang manusia harus mencelakai manusia lain?

dan betapa mirisnya kalau masih banyak mahasiswa indonesia tergiur dengan beasiswa tersebut. sebab, sementara dia mencari dana untuk pendidikannya, dia meneruskan memento tentang kedua pengedar yang sudah dengan sadar dan sengaja merusak bangsanya sendiri.

tidak ada pembunuhan oleh manusia yang bisa dibenarkan. tidak pembunuhan oleh manusia pemerintahan terhadap tersangka yang jelas-jelas bersalah; tidak juga pembunuhan para pengguna narkoba. tolong buatkan beasiswa atas nama para korban narkoba, kalau begitu?

mereka punya hak hidup? mereka juga punya kewajiban to preserve life. kemana kalian saat orang yang kalian bela haknya itu menyabotase kewajiban mereka untuk mempertahankan kelangsungan hidup??!!!

.

think right, people. think. kalian bukan hanya berakal. kalian punya hati dan jiwa. think, with your brain; be right with your heart and soul. that’s why you should always try to ‘think right’.

.

dunia udah gila.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s