ingatan akan suatu masa

aku sedang menunggui orang sakit. gemas dalam kalimat tadi, tapi selebihnya ada juga nada lelah dan khawatir. lelah menghadapi situasi tersebut dan khawatir hal tersebut bisa saja menjadi semacam karma yang menimpaku, menjadikanku manusia yang rewel dan sangat merepotkan orang.

hanya bisa berdoa semoga bukan begitu kejadiannya. sebab tulisan ini (semoga) bukan dimaksudkan untuk mengeluhkan si orang sakit yang sekarang sedang kuhadapi, melainkan untuk mengeluarkan ingatan yang terus menggelayut, mengarahkanku pada kondisi merana.

sebelum ini aku juga pernah menunggui orang sakit parah. merawat, bahkan. sekarang orang itu sudah meninggal. tapi dulu aku pernah memarahinya sekali karena tidak menurut saat kubersihkan badannya. sebenarnya, aku sangat menghkhawatirkan banyak hal ketika itu. tentang sanitasi, tentang titik infus yang memar, tentang tubuhnya yang melemah, tapi yang keluar dari mulutku justru tentang kelelahanku menghadapi tingkahnya.

sungguh, menghadapi orang sakit yang sekarang, penyesalanku sangat besar. kenapa aku tak bisa menahan mulutku ketika itu dan malah memarahinya. sebab tingkahnya kala itu tak ada apa-apanya dibanding orang sakit yang sekarang. kala itu, dia yang kurawat memiliki kadar kreatin dalam tubuh yang sangat tinggi, itu membuatnya tak mampu mengontrol diri. dibandingkan dengan orang sakit yang sekarang, yang kerewelannya tak lain bersumber hanya dari ketidakmampuannya menahan diri, orang yang kurawat dulu benar-benar murni orang yang perlu bantuan. mengapa saat itu aku harus menumpahkan rasa lelahku padanya?

aku terus dipaksa mengenang saat itu dan perasaanku sungguh menjadi kacau. aku sudah bersikap sangat buruk. kalau kuteruskan aku akan menjadi manusia yang meratap. benar-benar aku tak ingin itu terjadi.

.

maaf, ayah.

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s